PENGUMUMAN PUBLIK-REVIEW/REVISI STANDAR IFCC

PENGUMUMAN PUBLIK

DIMULAINYA PROSES REVIEW/REVISI STANDAR

INDONESIAN FORESTRY CERTIFICATION COOPERATION (IFCC)

Kepada Yth.

Bapak / Ibu

Stakeholder IFCC

di

      Tempat

Dengan hormat,

Kami dari Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC), sebuah lembaga pengembang standar (National Governing Body-NGB) sertifikasi pengelolaan hutan lestari di Indonesia yang telah mendapatkan endorsement dari Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) Council pada tanggal 1 Oktober 2014.   

Setelah lima tahun penerapan standar Pengelolaan Hutan Lestari IFCC, sesuai dengan prosedur penyusunan standar IFCC PD 1001: Prosedur Penyusunan Standar (Lampiran 1) dan PEFC ST 1001: Standard Setting – Requirements, serta keputusan Rapat Umum Anggota Khusus (RUAK) IFCC pada Oktober 2018, saat ini kami akan melakukan review / revisi atas standar tersebut.  Lingkup kegiatan review / revisi ini difokuskan pada review / revisi standar sertifikasi pengelolaan hutan lestari IFCC beserta dokumen-dokumen prosedur lainnya.  Keseluruhan proses atas kegiatan review / revisi standar ini disusun dalam Rancangan Kegiatan Review / Revisi Standar Sertifikasi IFCC (Lampiran 2).

Sesuai dengan IFCC PD 1001: Prosedur Penyusunan Standar (Lampiran 1), penyusunan standar baru maupun revisi standar dilakukan melalui konsensus dari para pemangku kepentingan yang direpresentatifkan dalam Komite Standardisasi (KS) IFCC.  

Sehubungan dengan hal-hal tersebut di atas, kami membuka kesempatan kepada Bapak / Ibu untuk dapat berpartisipasi dalam proses review / revisi standar ini dengan memberikan komentar dan / atau saran atas dokumen Prosedur Penyusunan Standar IFCC dan Rancangan Kegiatan Review / Revisi Standar Sertifikasi IFCC yang dapat disampaikan melalui formulir yang sudah kami sediakan pada Lampiran 3. Kami juga bermaksud untuk mengundang perwakilan dari organisasi / instansi Bapak / Ibu sebagai Nominasi KS IFCC yang kemudian akan kami sampaikan kepada tim seleksi Nominasi KS IFCC. Pengajuan atas perwakilan organisasi / instansi Bapak / Ibu dapat disampaikan melalui formulir yang sudah kami sediakan pada Lampiran 4.

Formulir-formulir tersebut dapat dikirimkan paling lambat tanggal 10 Juni 2019 melalui Fax. ke nomor (021) 87961780, atau email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it., atau melalui pos ke alamat Sekretariat IFCC: Plaza Amsterdam Blok D56, Sentul City, Bogor, Indonesia.

Demikian kami sampaikan.  Atas perhatian dan kerjasama Bapak / Ibu, kami menghaturkan terima kasih.

Salam Hutan Lestari

Lampiran:
Lampiran 1. IFCC PD 1001: Prosedur Penyusunan Standar

Lampiran 2. Rancangan Kegiatan Review / Revisi Standar Sertifikasi IFCC

Lampiran 3. Lembar Komentar & Saran

Lampiran 4. Aplikasi Nominasi KS IFCC

Revisi Standar IFCC

Berdasarkan prosedur penyusunan standar IFCC PD 1001 dan PEFC ST 1001, standar sertifikasi IFCC yang telah mendapat persetujuan Badan Pengurus IFCC pada tanggal 30 Oktober 2018, dalam waktu tidak melebihi lima tahun harus dikaji ulang dan diputuskan apakah akan direvisi atau tidak.

Sesuai Anggaran Rumah Tangga (ART) IFCC, keputusan tersebut harus diambil oleh forum tertinggi organisasi, dalam hal ini Rapat Umum Anggota (RUA) IFCC. Untuk itu, telah dilakukan RUA Khusus (RUAK) IFCC 2018 dengan agenda:

  1. Review standar IFCC; dan
  2. Amandemen 1 Annex 4 IFCC ST 1001: Standar Sertifikasi Pengelolaan Hutan Rakyat Lestari.

Untuk agenda ke-1 di atas, telah dilakukan postal ballot (20 s.d 29 Oktober 2018), dimana l ebih dari 2/3 (dua per tiga) anggota IFCC menyetujui untuk dilakukan revisi atas standar dan prosedur IFCC . Dan sebagai tindak lanjut dari hasil postal ballot tersebut, akan dilakukan tahap-tahap revisi standar yang memenuhi persyaratan penyusunan standar PEFC ST 1001.

Sedangkan untuk agenda ke-2 di atas, karena saat ini Amandemen 1 Annex 4 IFCC ST 1001 masih dalam proses konsultasi publik, setelah agenda ke-1 di atas selesai, RUAK tetap dilanjutkan hingga waktu yang akan ditentukan kemudian yaitu hingga proses penyusunan draf Amandemen 1 Annex 4 IFCC ST 1001 selesai.

 

SALAM HUTAN LESTARI