• Activities

  • Membership

  • Publication

  • Up Coming Agenda

Activities

Underconstruction

Membership

Anggota KSK adalah Badan atau Orang yang telah memenuhi persyaratan Anggota sesuai dengan AD/ART Perkumpulan KSK.  Pada awal pendirian, anggota KSK terdiri dari 15 anggota (4 anggota Kaukus Bisnis, dan 11 anggota Kaukus Masyarakat Sipil).

IFCC mengundang semua pihak di Indonesia yang berkepentingan dengan sertifikasi kehutanan berdasarkan sistem PEFC untuk ikut menjadi anggota dan bersama-sama mewujudkan pengelolaan hutan lestari.

Up Coming Agenda

1 Februari – 31 maret 2013 : Konsultasi Publik Enquiry Draft IFCC ST 1001

Maret 2012 : Uji lapang Standar IFCC

Previous
Next
Home

IFCC Resmi Mengajukan Permohonan Endorsement PEFC

IFCC sebagai organisasi nasional yang menginisiasi penyelenggaraan sertifikasi kehutanan di Indonesia dengan menggunakan skema PEFC (Programme For The Endorsement Of Forest Certification),  sejak Bulan Mei 2012 telah melakukan proses penyusunan standar sertifikasi pengelolaan hutan lestari yang dibangun secara terbuka, transparan, dan melibatkan para stakeholder dengan membangun konsensus diantara mereka (Komite Standardisasi).

Proses penyusunan standar sertifikasi IFCC terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: tahap rancangan kegiatan, tahap persiapan, tahap komite standardisasi, tahap pertanyaan (uji coba, konsultasi anggota dan konsultasi publik), tahap persetujuan, dan tahap publikasi.  Keseluruhan tahapan ini dilakukan berdasarkan dokumen prosedur penyusunan standar IFCC PD 1001 yang dapat di unduh disini.

Standar IFCC disusun oleh Komite Standardisasi IFCC yang terdiri dari perwakilan stakeholder (usaha dan industri,  anak dan remaja, pemilik hutan,  masyarakat adat, pemerintah daerah,  LSM,  komunitas ilmiah dan teknologi, perempuan, dan pekerja serta  serikat pekerja.   Standar yang disusun dikonsultasikan kepada publik untuk memperoleh masukan/komentar.   Komite standardisasi  IFCC telah melakukan 2 kali konsultasi publik yaitu Konsultasi publik pertama dilakukan pada periode 1 februari – 31 maret 2013. Masukan dan komentar publik atas konsultasi publik pertama ini dapat dilihat disini.  Konsultasi publik kedua dilakukan dalam bentuk seminar  regional di Pekanbaru (27 september 2013) dan di Samarinda  (1 oktober 2013), dan diakhiri dengan seminar nasional di Jakarta (3 oktober 2013).  Seluruh masukan, komentar dan pandangan publik atas konsultasi ini dapat di lihat di komentar publik ST 1001 v.1.8.

Dokumen standar sertifikasi pengelolaan hutan IFCC yang telah disusun berdasarkan konsensus para stakeholder (Komite Standardisasi) disampaikan kepada Badan Pengurus IFCC.  Badan Pengurus IFCC merekomendasikan standar yang telah disusun kepada Rapat Umum Anggota IFCC.  Rapat Umum Anggota IFCC telah mengesahkan standar sertifikasi pengelolaan hutan lestari IFCC dan secara resmi mengadopsi dokumen PEFC pada tanggal 30 Oktober 2013.  Seluruh dokumen yang telah disetujui dan atau di adopsi oleh Rapat Umum Anggota IFCC dan Badan Pengurus IFCC dapat di unduh disini.

Pada hari Jumat, 8 November 2013, Chairman IFCC  Dr. Ir. Dradjad H. Wibowo secara resmi telah mengirimkan Surat Aplikasi dengan Nomor  Surat 01/KSK/SK-BP/XI/2013 kepada PEFC Council sebagai pemberitahuan bahwa IFCC telah selesai melakukan proses penyusunan standar IFCC dan berminat untuk mendapatkan endorsement sebagai standar sertifikasi hutan di Indonesia dengan skema PEFC.
Keseluruhan proses penyusunan ini  terangkum dalam standard setting report.


SALAM HUTAN LESTARI

Last Updated on Wednesday, 23 April 2014

 

Our Social Media

Facebook Twitter

BahasaEnglish (United Kingdom)

Kontak Kami

Sekretariat:
Perkantoran Amsterdam Blok D 56, Sentul City, Bogor, 16810, Indonesia.
Telp./Fax. (62-21) 87961780

E-mail:
sekretariat@ifcc-ksk.org

By Plimun Web Design